1. Pengertian
    Pada kenyataannya banyak siswa yang menunjukan tidak dapat mencapai hasil belajar sebagaimana yang diharapakan oleh para pendidiknya. dalam proses belajar mengajar guu atau pendidik sering menghadapi masalah adanya peserta didik yang tidak dapat mengikuti pelajaran dengan lancar, ada siswa yang memperoleh prestasi belajar yang rendah, meskipun telah diusahakan untuk belajar dengan sebaik –baiknya, dan lain sebagainya. Dengan kata lain guru atau pendidik sering menghadapi dan menemukan peserta didik yang mengalami kesulitan dalam belajar.
    Dari latar belakang diatas dapat kita tarik kesimpulan bahwa Gejala Kesulitan Belajar adalah ciri –ciri yang timbul sebagai akibat dari kurang pemahaman atau tidak mencapainya peserta didik dalam melewati proses, dan kegagalan mencapai hasil belajar.
    Dalam hal ini peserrta didik yang mengalami kesulitan dalam belajar,pemahaman yang utuh dari guru tentang kesulitan belajar yang dialami oleh peserta didiknya, merupakan dasar dalam usaha memberikan bantuan dan bimbingan yang tepat.
  2. Gejala –Gejala Kesulitan Belajar
    Menurut Moh. Surya,ada beberapa ciri tingkah laku yang merupakan manifestasi dari gejala –gejala kesulitan belajar, antar lain :

  1. Menunjukan hasil belajar yang rendah ( dibawah rata –rata nilai yang dicapai oleh kelompok kelas)
  2. Hasil yang dicapai tidak seimbang dengan usaha yang dilakukan.
    [(]Lambat dalam melakukan tugas –tugas kegiatan belajar. ia selalu tertinggal dari kawan –kawannya dalam menyelesaikan tugas sesuai dengan waktu yang tersedia.
  3. Menunjukan sikap yang kurang wajar,seperti acu
  4. Tak acuh, menentang, berpura –pura, dusta dan sebagainya.
  5. Menunjukan tingkah laku yang berkelainan, seperti membolos, datang terlambat, tidak mengerjakan tugas rumah, dan lain –lain.
  6. Menunjukan gejala emosional yang kurang wajar, seperti pemurung,mudah tersinggung, pemarah tidak atau kurang gembira dalam menghadapai nilai rendah tidak menunjukan sedih atau menyesal.

Dari gejala –gejala yang termanifestasi diatas dalam bertingkah laku setiap peserta didik, diharapkan para pendidik atau guru dapat memahami dan mengindentisifikasi mana siswa yang mengalami kesulitan belajar dan manapula yang tidak. dengan demikian seorang pendidik diharapkan mampu menentukan cara dalam pengentasan masalah siswa yang bersangakutan.


Munandar Utami.2003.Psikologi Belajar.Jakarta : Raja Grafindo Persada
A. Hallen. 2002. Bimbingan dan Konseling. Padang : P.T Intermasa


just shared
thnx