Indikator Evaluasi Belajar
a. Ranah Kognitif
Ranah yang mencakup kekuatan mental (otak) dalam ranah kognitif ini terdapat enam jenjang proses berpikir, mulai dari jenjang terendah sampai dengan jenjang yang paling tinggi. Keenam jenjang yang dimaksud adalah :
1. Pengetahuan hafalan
2. Pemahaman
3. Penerapan
4. Analisis
5. Sintesis
6. Penilaian
b. Ranah Afektif
Ranah afektif adalah ranah yang berkaiatan dengan sikap dan nilai. Ranah afektif ini oleh Krathwohl (1974) dan kawan-kawan ditaksonomi menjadi lebih rinci lagi didalam lima jenjang, yaitu:
1. Receiving atau attending (menerima atau memperhatikan)
2. Responding ( menanggapi)
3. Valuing ( menilai atau menghargai)
4. Organization (mengatur atau mengorganisasikan)
5. Characterization bay a value or value complex ( karakterisasi dengan suatu nilai
atau komplok nilai)
c. Ranah Psikomotor
Ranah Psikomotor adalah ranah yang berkaiatan dengan keterampilan (skill) atau kemampuan bertindak setelah seseorang menerima pengalaman belajar tertentu.
Dalam buku Prof Anas Sudijono disimpulkan bahwa indikator evaluasi pendidikan adalah :
Evaluasi mengenai tingkat penguasaan peserta didik terhadap tujuan –tujuan khusus yang ingin dicapai dalam unit –unit program pengajaran yang bersifat terbatas.
Evaluasi mengenai tingkat pencapaian peserta didik terhadap tujuan –tujuan umum pengajaran.
Arikunto, Suharmi. 1997.Dasar –dasar Evaluasi Pendidikan.Jakarta : Bumi Aksara.
Sudijono, Anas. 1996. Evaluasi Pendidikan.Jakarta : Raja Grafindo.
just shared
thnx
a. Ranah Kognitif
Ranah yang mencakup kekuatan mental (otak) dalam ranah kognitif ini terdapat enam jenjang proses berpikir, mulai dari jenjang terendah sampai dengan jenjang yang paling tinggi. Keenam jenjang yang dimaksud adalah :
1. Pengetahuan hafalan
2. Pemahaman
3. Penerapan
4. Analisis
5. Sintesis
6. Penilaian
b. Ranah Afektif
Ranah afektif adalah ranah yang berkaiatan dengan sikap dan nilai. Ranah afektif ini oleh Krathwohl (1974) dan kawan-kawan ditaksonomi menjadi lebih rinci lagi didalam lima jenjang, yaitu:
1. Receiving atau attending (menerima atau memperhatikan)
2. Responding ( menanggapi)
3. Valuing ( menilai atau menghargai)
4. Organization (mengatur atau mengorganisasikan)
5. Characterization bay a value or value complex ( karakterisasi dengan suatu nilai
atau komplok nilai)
c. Ranah Psikomotor
Ranah Psikomotor adalah ranah yang berkaiatan dengan keterampilan (skill) atau kemampuan bertindak setelah seseorang menerima pengalaman belajar tertentu.
Dalam buku Prof Anas Sudijono disimpulkan bahwa indikator evaluasi pendidikan adalah :
Evaluasi mengenai tingkat penguasaan peserta didik terhadap tujuan –tujuan khusus yang ingin dicapai dalam unit –unit program pengajaran yang bersifat terbatas.
Evaluasi mengenai tingkat pencapaian peserta didik terhadap tujuan –tujuan umum pengajaran.
Arikunto, Suharmi. 1997.Dasar –dasar Evaluasi Pendidikan.Jakarta : Bumi Aksara.
Sudijono, Anas. 1996. Evaluasi Pendidikan.Jakarta : Raja Grafindo.
just shared
thnx