Sifat bimbingan pencegahan,
pengembangan, penyembuhan, dan pemeliharaan semua dilibatkan dalam bimbingan di
SMP/MTS. Tetapi dengan melihat tujuan bimbingan di SMP tersebut diatas dan
konsisten pula dengan ciri khas serta sifat-sifat pendidik SMP yang pada masa
pubertas dan remaja awal kiranya menuntut diperlakukan sifat penyembuhan
sebagai prioritas utama.


Dengan pengertian bahwa sifat
penyembuhan tidak semata berada dalam situasi wawancara konseling, melainkan dapat
diluar itu, misalnya melalui bimbingan kelompok atau konseling kelompok.


Fungsi bimbingan penyaluran,
pengadaptasian dan penyesuaian juga dilibatkan semua dalm bimbingan peserta
didik SMP/MTS sederajat. Disini terdapat perbedaan titik tekan fungsi yang
diutamakan antara SMP umum dan SMP kejuruan.




Code:

Depdiknas, [i]Standar Isi dan
Standar Kompetensi Lulusan tingkat SMP dan MTs[/i], Jakarta, 2006, Binatama Raya.