Evaluasi hasil belajar dapat dikatakan terlaksana dengan baik apabila dalam pelaksanaannya senantiasa berpegang pada tiga prinsip berikut ini:
1. Prinsip Keseluruhan
Prinsip keseluruhan atau prinsip menyeluruh juga dikenal dengan istilah prinsip komprehensif. Dengan prinsip komprehensif dimaksudkan disini bahwa evaluasi hasil belajar dapat dikatakan terlaksana dengan baik apabila evaluasi tersebut dilaksanakan secara bulat, utuh atau menyeluruh.
2. Prinsip kesinambungan
Prinsip kesimanbungan juga dikenal dengan istilah prinsip kontinuitas. Dengan prinsip kesinambungan dimaksudkan disini bahwa evaluasi hasil belajar adalah evaluasi hasil belajar yang dilaksanakan secara teratur dan sambung menyembung dari waktu kewaktu.
3. Prinsip objektivitas
Prinsip objektivitas mengendung makna, bahwa evaluasi hasil belajar dapat dinyatakan sebagai evaluasi yang baik apabila dapat terlepas dari factor-faktor yang sifatnya subjektif.
Sebagai suatu bidang kegiatan, evaluasi hasil belajar memiliki cirri-ciri yang khas yang membedakannya dari bidang kegiatan yang lain. Diantara cirri-ciri yang dimiliki oleh evaluasi hasil belajar ada lima cirri, yaitu:
Arikunto, Suharmi. 1997.Dasar –dasar Evaluasi Pendidikan.Jakarta : Bumi Aksara.
Sudijono, Anas. 1996. Evaluasi Pendidikan.Jakarta : Raja Grafindo.
just shared
thnx
1. Prinsip Keseluruhan
Prinsip keseluruhan atau prinsip menyeluruh juga dikenal dengan istilah prinsip komprehensif. Dengan prinsip komprehensif dimaksudkan disini bahwa evaluasi hasil belajar dapat dikatakan terlaksana dengan baik apabila evaluasi tersebut dilaksanakan secara bulat, utuh atau menyeluruh.
2. Prinsip kesinambungan
Prinsip kesimanbungan juga dikenal dengan istilah prinsip kontinuitas. Dengan prinsip kesinambungan dimaksudkan disini bahwa evaluasi hasil belajar adalah evaluasi hasil belajar yang dilaksanakan secara teratur dan sambung menyembung dari waktu kewaktu.
3. Prinsip objektivitas
Prinsip objektivitas mengendung makna, bahwa evaluasi hasil belajar dapat dinyatakan sebagai evaluasi yang baik apabila dapat terlepas dari factor-faktor yang sifatnya subjektif.
Sebagai suatu bidang kegiatan, evaluasi hasil belajar memiliki cirri-ciri yang khas yang membedakannya dari bidang kegiatan yang lain. Diantara cirri-ciri yang dimiliki oleh evaluasi hasil belajar ada lima cirri, yaitu:
- Bahwa evaluasi yang dilaksanakan dalam rangka mengukur keberhasilan belajar peserta didik itu , pengukurannya dilakukan secara tidak langsung.
- Bahwa pengukuran dalam rangka menilai keberhasilan belajar peserta didik pada umumnya menggunakan ukuran-ukuran yang sifatnya kuantitatif, atau lebih sering menggunakan symbol-simbol angka.
- Bahwa dalam kehiatan evaluasi pada umumnya digunakan unit-unit atau satuan-satuan yang tetap.
- Bahwa prestasi belajar yang dicapai oleh para peserta didik dari waktu ke waktu adalah bersifat relative, dalam arti : bahwa hasil-hasil evaluasi terhadap kberhasilan belajar peserta didik itu pada umumnya tidak selalu menunjukkan kesamaan.
- Bahwa dalam kegiatan evaluasi hasil belajar, sulit untuk dihindari terjadinya kekeliruan pengukuran.
Arikunto, Suharmi. 1997.Dasar –dasar Evaluasi Pendidikan.Jakarta : Bumi Aksara.
Sudijono, Anas. 1996. Evaluasi Pendidikan.Jakarta : Raja Grafindo.
just shared
thnx