1. Secara umum, ada dua tujuan evaluasi pendidikan yaitu :
    Untuk menghimpun bahan-bahan keterangan yang akan dijadikan sebagai bahan bukti mengenai taraf perkembangan atau taraf kemajuan yang dialami oleh para peserta didik, setelah ia mengikuti proses pembelajaran dalam jangka waktu tertentu.
    Untuk mengetahui tingkat efektivitas dari metode-metode pengajaran yang telah dipergunakan dalam proses pembelajaran selama jangka waktu tertentu.
  2. Tujuan khusus
    Adapun yang menjadi tujuan khusus dari kegiatan evaluasi dalam bidang pendidikan adalah:
    Merangsang kegiatan peserta didik dalam menempuh program pendidikan. Tanpa adanya evaluasi maka tidak mungkin timbul kegairahan atau rangsangan pada diri peserta didik untuk memperbaiki dan meningkatkan prestasinya masing-masing.
    Untuk mencari dan menemukan factor-faktor penyebab keberhasilan atau ketidak berhasilan peserta didik dalam mengikuti program pendidikan, sehingga dapat dicari dan ditemukan jalan keluar perbaikannya.

Kegunaan Evaluasi Pendidikan
  1. Pencapaian hasil Program.
  2. Relevansi program dengan tujuan.
  3. Usaha perbaikan.



Arikunto, Suharmi. 1997.Dasar –dasar Evaluasi Pendidikan.Jakarta : Bumi Aksara.
Sudijono, Anas. 1996. Evaluasi Pendidikan.Jakarta : Raja Grafindo.



just shared
thnx