Setiap kegiatan yang dilakukan mempunyai tujuan yang baik yang ingin dicapai, dilakukan baik secara langsung maupun tidak langsung, begitu pula dengan kegiatan ini. Pelaksanaan kegiatan Diagnosis Kesulitan Belajar melibatkan guru dan siswa, maka tujuan yang ingin dicapai juga berbeda antara guru dan siswa.
I. Siswa
Tujuan yang hendak dicapai setelah pelaksanaan kegiatan diagnosis kesulitan belajar ini bagi siswa adalah :
  • Siswa memahami dan mengetahui kekeliruannya.
  • Siswa memperbaiki kesalahannya.
  • Siswa dapat memilih cara atau metode untuk memperbaiki kesalahannya.
  • Siswa dapat mengusai pelajaran dengan baik.
  • Siswa dapat meningkatkan prestasi belajarnya.



II. Guru
Adapun tujuan pelaksanaan kegiatan Diagnosis Kesulitan Belajar bagi Guru adalah :
  • Guru mengetahui kelemahan dalam proses belajar –mengajar.
  • Guru dapat memperbaiki kelemahannya tersebut.
  • Guru dapat memberikan layanan yang optimal kepada siswa sesuai dengan keadaan diri siswa perkembangannya siswa dapat terlaksana dengan baik.


Laporan Diagnosis Kesulitan Belajar dan Pengajaran Perbaikan.2002.Jurusan BK, Fakultas Ilmu Pendidikan : UNP

just shared
thnx